Thursday, August 18, 2016

Arashi ni Shiyagare [2016.08.06] : Selfie Trick

Jadi ceritanya di segmen bocah tua nakal ini *bocah karena kelakuan sama muka masih pantes make seragam putih biru, tua yaa karena udah 33 taon keleeees #diselepet kaset game*, mengusung tema yang lagi ngetren akhir-akhir ini yaitu SELFIE.

Di segmen ini staff Shiyagare, tepatnya segmen Chiccana Yabou-nya Nino pengen ngasih tips & trick bagaimana selfie yang baik dan benar, supaya menghasilkan foto yang ketjeh dan bisa dipamerin sama seantero dunia meski cuma diambil sendiri tanpa bantuan alat-alat canggih dan kru yang bejubel jumlahnya.
Tentunya semua trick itu kudu diperagain semua sama Nino.

Sebelum segmen dimulai, staff Shiyagare nanya apa Nino type yang banci selfie atau nggak, yang langsung dijawab sewot sama bocah nakal ini kalo dia bukan banci selfie,
tapi banci perempatan.
*dijorokin ke lampu merah*

Meski keukeuh bilang kalo dia kagak demen sama selfie-selfie-an, staff Shiyagare seolah nggak percaya, keukeuh juga apa bener om-om berkedok bocah SMP ini kagak doyan selfie.
Dan sekali lagi Nino dengan sewotnya menjawab NGGAK!
Sekali nggak, ya nggak! Kagak ngarti ya ini staff Shiyagare? Nista banget jadi banci selfie, masih mending jadi banci perempatan, bisa dapet duit soalnya.
*SERAH LO DEH*

["Harus berapa kali sih dibilangin? Gue bukan banci selfie! Tapi banci lampu merah!!! Sekali lagi lu nanya, gue selepet pake stocking!!]


Baiklah, peduli amat situ mau jadi banci selfie atau banci perempatan, yang penting jangan ajak-ajak Matsujun mangkal di lampu merah aje yee.

Kita lanjut bahas segemen Selfie Trick-nya.

Selfie trick ini dibagi menjadi tiga tema. Yang pertama adalah Foto Berhantu alias Foto Ghaib alias Foto Jurig atau Foto Penampakan atau apapun itu sebutannya.
Nggak tanggung-tanggung, staff Shiyagare manggil seseorang yang ahli dalam mengungkapkan foto hantu. Mungkin kalo di kita sejenis Roy Suryo sang pakar telematika, cuman ini bedanya pakar foto berhantu yang bakal membeberkan kalau foto itu cuman trick belaka dan yang namanya hantu di dalam foto itu NGGAK ADA.

Bahkan ketika si bapa pakar *kok berasa kayak nyebutin Goa Pakar #ahsudahlah* ini tanya ke Nino, apakah dia percaya sama foto berhantu, yang langsung dijawab Nino kalo dia mah percaya-percaya aja, eeh si Bapa malah ngakak dan bilang : NO WAY! Kagak ada yang namanya foto berhantu di dunia ini.
Semua ada triknya.

Oke sip.
Jadi kalo ada foto penampakan, mulai sekarang kita anggap itu foto boongan ya.

Trick pertama adalah foto hantu di balik meja.
Empat orang berfoto di sebuah ruangan sambil mengelilingi meja, tapi apa dinyana ternyata di kolong meja ada penampakan kepalanya Nino doank.
Serem sih, lagi poto-poto ceria gitu sama temen-temen, tau-tau aja ada kepala nongol dari bawah meja tanpa badan. Kalo beneran ada kayak gitu, langsung gue bakar deh tuh poto, abunya dibawa ke laut terus suruh tersapu ombak biar nggak bersisa dan nggak bikin siyal.



Meski serem, setelah sang pakar foto mengungkapkan trick-nya yang ada malah bikin ngakak.
Saat foto diambil, Nino sebetulnya lagi telungkup di atas meja dan kepalanya sengaja dijorokin ke bawah. Disinilah angle bermain, fotonya diambil agak sedikit dari bawah, sehingga badan Nino di atas meja nggak keliatan dan cuma kepalanya yang keliatan.
Jangan lupa supaya orang-orang yang lagi berfoto kudu berekspresi seolah-olah nggak terjadi apa-apa.



Trick kedua adalah foto berhantu di dalam kolam.
Disitu Nino disuruh selfie sambil duduk di tepi kolam dengan menampakkan sedikit pemandangan air kolam di belakang badan Nino.
Hasilnya, kalau diperhatikan ada bayangan wajah seorang pria di dalam air kolam itu.









Trick-nya gampiillll.
Sebetulnya wajah pria di air kolam itu adalah print foto wajah Nino yang kemudian dimasukkan ke dalam air kolam. Tadinya mau dibiarkan mengapung, tapi rupanya agak ketahuan bohongnya, jadi dimasukkin ke dalam aer deh.



Naah, tinggal atur angle-nya dan selfie dengan mengarah supaya foto di dalam air itu masuk ke dalam lensa.

Setelah sesi selfie di kolam selesai, sang pakar komen kalo foto Nino di dalam air itu di zoom in, ternyata ganteng banget ya.
Dan pastinya kalian udah tahu apa jawaban Nino.
YAEYALAAAHHH, samurai makan bubur juga tau kalo guee itu paling ganteng sejagad raya ini.

*SERAH LO DEH!*
*suntrungin Nino ke dalam kolam*

Trick ketiga yaitu foto berkabut menyerupai wajah orang di tengah-tengah taman.







Yang ini juga gampang bikinnya. Saat akan memotret, letakkan CD case bening di depan lensa kamera dengan jarak sekitar 2~3 cm, dan objek foto akan menampilkan seperti ada kabut di atasnya yang menyerupai wajah. Wajah yang nampak di foto itu adalah wajah orang yang memotret yang terpantul pada CD case.



Next adalah foto hantu di deket pohon.
Kali ini nggak pake smartphone, tapi pake kamera beneran. Yaelahhh, bukan selfie donk namanya.
Gunakan shutter kamera dengan speed diturunkan hingga 10 detik. Objek yang akan difoto nggak boleh gerak sedikitpun, apalagi sambil garuk-garuk pantat.
Lalu, orang yang pura-pura jadi hantu, nyelip di antara objek yang akan difoto dan gunakan lampu senter untuk menyinari wajahnya sendiri. Posisinya boleh dimanapun. Bebas lah!

 [Kalo hantunya unyu kayak gini, yang ada malah gue yang nyamperin dan nyari-nyari hantunya.]



[Nino : "Kalian tak akan kubiarkan bersatu, hueheheheeeeeee *ketawa Mak Lampir*]


Nanti hasilnya, dibalik objek yang difoto, bakal terselip wajah Nino yang berpura-pura jadi hantu pake lampu senter. Oiya, kalo cuma kepalanya doank yang pengen terpotret, kudu pake jubah item ya, supaya baju hantu bohongan itu nggak ikut terpotret juga.



Kita tinggalkan foto berhantu.
Tema selanjutnya adalah Fairy Tale Photo.
Pakar yang dipanggil kali ini adalah seorang instagramer yang suka ngaplod foto-foto unik bagaikan di negeri dongeng.
Misalnya kita ambil foto orang lagi terbang, yang sebetulnya bukan terbang beneran, tapi cukup pake trick.



Salah satunya adalah foto saat dia pegang banyak balon, lalu loncat dikit, setting kamera ke mode burst (itutuh yang sekali klik bisa moto banyak sekaligus).
Ambil salah satu foto yang menampilkan objek lagi di atas dan nggak nginjek tanah, dan woilaaa jadilah sebuah foto yang seolah-olah dia lagi terbang pake balon.

Nggak mau kalah, Nino pun mencoba trick tersebut.
Si instagramer nyuruh Nino pegang balon sambil loncat.
Sekali, masih kurang tinggi loncatannya.
Dua kali, masih aja nggak kayak orang terbang.
Tiga kali, akhirnya sang instagramer nyerah dan bertanya pada diri sendiri *nggak sekalian bertanya sama rumput yang bergoyang aja, Mas?* : Kok pas Nino nggak berhasil juga ya?

[Harusnya jangan dikasih balon, Mas. Coba kasih duit kertas yang banyak, pasti dia langsung terbang ampe langit ketujuh.]


Mungkin Nino kurang beramal, Mas. Jadinya mau diulang berapa kali juga hasil fotonya tetep sama.
Makanya, jangan suka sombong dan rajin sodakoh, Neen! Tuh kena karma kan ente? Rasain lu!
*mbak, mbak, kok jadi situ yang sensi....*

Tema selanjutnya adalah teknik selfie buat jones alias jomblo ngenes (terutama buat cowok).
Trik selfie ini bakal menunjukkan kamu lagi berfoto sama yayang tersayang meski nggak punya patjar.
Ketika Nino ngeliat beberapa contoh hasil foto si mas-mas jomblo ini, dengan entengnya Nino bilang, "Oh gitu. Ya udah, selamat berjuang ya."

Ini acara kamu, Dek! Situ peragain juga bareng-bareng lah! Bukan nyuruh si mas-mas itu ngelakuin sendiri.
Mentang-mentang sekarang udah kagak jomblo lagi, jadi sok gicuuuu, jadi sombong gicuuuu.
Udah lupa lu ya masa-masa gelap waktu jadi jomblo dulu? Dasar kacang lupa akan bungkus plastiknya!

Trick pertama adalah foto mesra di kursi taman.
Yang diperlukan cuma wig rambut panjang ala ala iklan shampo. Nino kemudian duduk di kursi taman sambil mendekatkan kepalanya ke arah wig yang dia pegang sendiri.

[Pas lagi syuting begini, ane berharap itu wig berubah jadi kepala Sadako dan pengen ngeliat wajah Nino yang kaget sambil teriak, 'AYAM! AYAM!'"]


Setelah kamera dan angle di setting sedemikian rupa hingga cuma kepala Nino dan wig doank yang keliahatan, maka jadilah foto sepasang kekasih yang lagi dimabuk asmara di atas kursi taman.



Kalo masih kurang mesra, bisa coba ngerangkul tangan di atas wig seolah-olah lagi ngerangkul cewek atau dengan posisi mau nyipok tuh cewek.





[Kalo soal nyosor-menyosor mah, Nino jagonya. Maklum, dulu temenannya sama soang.]


Trick kedua adalah foto mesra suap-suapan makanan.
Yang diperlukan adalah kutek, foundation dan ikat rambut berenda-renda.
Oleskan foundation di punggung tangan dan jari, buat seolah-olah itu adalah tangan seorang cewek yang terawat. Lalu, jangan lupa sapukan kuteks. Setelah beres, pasang ikat rambut berenda di pergelangan tangan dan jadilah sebuah tangan feminin khas wanita.

Pegang kamera dengan tangan kiri, lalu ambil sepotong kue dengan tangan kanan yang tadi udah dipoles, setting timer kamera dan angle supaya menampakkan tangan kanan yang seolah-olah adalah tangan cewek lagi nyuapin si cowok, dan jangan lupa berakting lagi suap-suapan sambil mangapin mulut.





[Masih percaya statement Nino di awal kalo dia bukan banci selfie? Hasil selfinya bagus kayak begini, yakin bukan banci selfie, Dek?!]


Masih kurang? Bisa juga pake pose : tuh ada yang nempel di mulut kamyu, tayaaang.
Yaitu dengan sengaja nempelin sepotong kue di tepi bibir, lalu tangan satunya yang pura-pura jadi cewek nunjuk-nunjuk ke ujung bibir lagi. Dan jangan lupa berakting seolah-olah lagi sayang-sayangan sama si darling dadar guling.





[Baiklah, dengan berat hati saya akui, ternyata Nino emang bukan banci selfie.
Tapi BANCI LAMPU MERAH YANG DOYAN SELFIE!
Mamam, tuh!]


Sesi foto selesai, si mas-mas writer yang ngasih trik langsung komen kalo hasil foto Nino dan akting dia bagus bingits.
Nino yang biasanya dipuji suka langsung nyombong, sebaliknya malah sinis.
"Nggak ada seneng-senengnya gue dibilangin gitu. KAYAK ORANG BEGO TAUK!"

*MENURUT LO?!*

Iyeiye, yang sekarang udah nggak jomblo, disuruh poto-poto pura-pura jadi jomblo aja langsung merasa nista tujuh turunan.
Padahal waktu kemaren masih jomblo mah, pasti langsung dipraktekin dengan senang hati deh.

Selfie yang terakhir adalah selfie bersama seorang kameramen wanita berusia 88 tahun!
Waooow!!!
Meski udah berusia senja, tapi nenek satu ini keren banget dan punya banyak trick buat selfie. Kebanyakan selfie yang dia buat memiliki ceritanya tersendiri, bahkan sampe bikin pameran sendiri.

Sang nenek yang biasanya foto-foto sendiri, kini ditemenin Nino dan punya beberapa request.
Diantaranya foto berdua di dalam trash bag geude, foto dia lagi gendong Nino dan balap lari sama Nino, yang mengandung arti kalo di usianya sekarang pun dia masih nggak kalah dengan yang muda.







Selama sesi foto, si nenek nempeeeel terus sama Nino.
Bahkan ketika sesi foto yang harusnya pasang tampang sedih dan nelangsa, si nenek malah cengar-cengir seneng. Ya gimana nggak seneng, lha wong di sebelahnya ada Nino.
Ekeu juga kalo di sebelah ada Nino, nggak cuma senyum-senyum nggak jelas, tapi langsung sakuin tuh anak buat dibawa pulang.
*langsung dicegat Ohno di tengah jalan*

Bahkan ketika sesi foto berakhir, si nenek masih ajaaa nempel ama tuh bocah. Dia keliatan seneng banget dan bilang kalo dia have fun banget bisa foto-foto bareng Nino.

[Berharap saya yang jadi kantong plastiknya. Tapi neneknya kagak perlu dibawa, buang aja! *anak durhaka*]


Yaelah, nek....jangankan foto bareng Nino, ngeliat fotonya doank di majalah aja udah bikin khayalan ane kelayapan kemana-mana, gimana kalo orangnya beneran ada di samping cobak!

Jadi, hikmah yang bisa kita ambil dari segmen ini adalah :
KALO UDAH NGGAK JOMBLO EMANG SUKA PURA-PURA LUPA PAS JAMAN-JAMAN KESEPIAN DAN KENISTAAN DULU.





2 comments:

  1. Nyari & download acara ini atau acara arashi yg lainnya dmn ya? Pengen nonton XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa coba ke day-so-sweet.com
      Tapi harus punya account dulu, bisa coba contact ke admin di web bersangkutan^^

      Delete