ARASHI PUNYA AKUN MEDIA SOSIAL!!!!
Semua orang yang kenal sama anak-anak Johnny's pastinya udah hatam banget dengan rules agency satu ini, yaitu nggak memperbolehkan para artisnya punya akun media sosial, baik pribadi ataupun official.
Mereka pun nggak menayangkan video di situs online streaming, ataupun situs musik online, bahkan kalo ada fans yang upload musik video atau konser mereka di youtube, otomatis langsung diblok atas dasar hak cipta.
Bahkan, mereka nggak pernah 'mengizinkan' foto artis-artis mereka terpampang di berita online.
Pokoknya mereka anti dengan yang namanya online, streaming, download, social media dan dunia digital lainnya.
Tapi, udah mau 2020, masa masih aja keukeuh berkutat dengan rules lama dan terus menerus pake sistem analog sih.
Di saat hampir semua orang bisa mengakses informasi hanya dari genggaman, internet jadi kebutuhan primer, dan semua serba digital, kalo nggak ngikutin perkembangan jaman bisa-bisa ketinggalan dan tenggelam di antara para pendatang baru donk ya.
Apalagi buanyaaak banget entertainer yang pake media sosial buat promosi hasil karyanya.
So,
pada tanggal 9 Oktober 2019 tepatnya jam 17:00 waktu Jepang,
Arashi pun mengumumkan akun Youtube-nya kepada semua penggemar mereka di seluruh dunia.
Nggak cuma itu, semua lagu dari 64 single mereka pun bisa diakses melalui Spotifity, Line Music dan situs-situs musik online sejenisnya.
Setelah akun Youtube mereka dibuka, hanya dalam 2 hari saja subscriber-nya berjumlah 1 juta!
Hingga tulisan ini diposting jumlah subscriber-nya sudah bertambah hingga 2.28 juta, dan tentunya akan terus bertambah.
Hingga tulisan ini diposting jumlah subscriber-nya sudah bertambah hingga 2.28 juta, dan tentunya akan terus bertambah.
Masih belum cukup ngagetin fans-nya, selanjutnya mereka membuka 5 akun media sosial sekaligus, yaitu Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dan Weibo, yang langsung disambut sukacita sama semua fans di dunia.
Akhirnyaaaa, gue bisa ngerecokin mereka di Instagram. Muahahahaaa!
*dikeplak*
Masih kurang?
Bertepatan dengan perayaan 20 tahun debut Arashi, tepat di tanggal 3 November 2019 jam 11:30 waktu Jepang, mereka menayangkan press conference secara live lewat akun Youtube-nya.
Di live press conference itu Arashi mengumumkan beberapa hal, yaitu :
1. Dibukanya 5 akun media sosial Arashi.
2. Event Jet Storm, kunjungan Arashi untuk press conference di 4 kota besar yaitu Jakarta,
Singapore, Bangkok, dan Taipei pada 9~11 November 2019.
3. Live viewing ARASHI Anniversary Tour 5x20 pada 25 Desember 2019 di seluruh Toho Cinemas
Jepang.
4. Konser di New National Stadium (Jepang) pada 15, 16 Mei 2020 dan di Beijing pada musim semi
2020 mendatang.
5. Sambutan dari masing-masing member Arashi.
6. Arashi akan hiatus setelah 31 Desember 2020 nanti.
Oke.
Mari kita tarik napas pelan-pelan.
Mari kita cerna satu persatu.
Yaowlooooo, ini nggak kurang banyak surprise-nya.
Semua fans pada megap-megap kayak ikan lohan kekurangan air pas denger semua berita ini.
*oksigen mana oksigen*
Dengan dibukanya 5 akun sekaligus aja langsung bikin gue nggak bisa jauh-jauh dari hape.
Apalagi ternyata mereka rajin banget updatenya, tiap hari boook!
Udah gitu, bikin instalive pulak!
Adek lelah mas.
[Postingan pertama mereka di Instagram]
Oiya, mereka juga bikin premier di Youtube untuk MV single terbaru, Turning Up, di hari yang sama dengan live press conferenece pada jam 21:00, setelah sebelumnya lagu mereka sudah bisa diakses pada jam 19:00 (waktu Jepang).
Ketika gue masih tinggal di Indonesia, gue ngejar mereka sampai Jepang.
Begitu gue tinggal di Jepang sekarang, eeeh Arashi malah ke Jakarta.
Antara senang dan ngiri sih sama mereka yang bisa ketemu om-om badai di Jakarta.
Cerita tentang Arashi in Jakarta selengkapnya, di postingan berikutnya ya :)
Gue sih cuma bisa mantengin medsos buat ngikutin euforia saat Arashi datang ke Jakarta. Makasih buat teman-teman yang selalu update cerita-cerita, foto, dan video selama Arashi di Jakarta ya.
Dan makasih juga buat semua teman-teman Arashian yang selalu tertib dan nggak nakal selama kedatangan Arashi di Jakarta. Semoga Arashi nggak kapok datang ke Indonesia ya.
Gue langsung ketar-ketir begitu ngeliat tanggal live viewing konser Arashi.
Untungnya nggak bertepatan dengan tanggal gue pulang mudik ke Indonesia. Kalo pas gue pulang mudik, dan mereka ngadain live viewing tanpa kehadiran gueeee #SAPEELO, bisa nangis guling-guling gue di depan Tokyo Tower.
Oiya, live viewing ini sistemnya balout alias diundi, dan yang bisa ikutan balout hanya member fanclub Arashi.
Jadi, bagi kalian yang belum daftar member FC, buruan daftar ya qaqaaa
Konser di New National Stadium cuma 2 hari, dan pastinya SEMUA fans pengen dooonk nonton. Apalagi National Stadium-nya udah dipugar abis-abisan buat Olimpiade ntar.
Bahkan sebelum Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung, Arashi udah 'nyobain' New National Stadium duluan. HEBADH lah ya kalian ini *sembah sujud*
Meski peluangnya nggak sebesar ketika konser Anniversary tahun ini, tapi bukan berarti mustahil kan.
So, mari banyak berdoa supaya bisa dapet tiket konser mereka tahun depan.
Oiya, konser ini pun sistemnya balout dan hanya member FC yang bisa ikutan.
Masih ragu buat daftar member FC neeehh?
*kibas-kibas kartu member FC Arashi*
Kenapa tetiba Arashi bikin gebrakan kayak begini?
Kenapa Johnnys yang terkenal nggak mau bersentuhan dengan dunia digital, tiba-tiba jadi open banget?
Dari hasil press conference dan beberapa feed yang diunggah Arashi di akun resminya, Arashi ingin lebih dekat dengan fansnya. Nggak cuma fans di Jepang, tapi supaya badai mereka sampai ke seluruh dunia.
Dengan adanya situs musik online dan digital, termasuk streaming online, lagu-lagu Arashi bisa dinikmati di manapun dan oleh siapa pun.
Ditambah lagi, bertepatan dengan anniversary debut mereka yang ke 20 tahun, jadi pas banget kan buat promosi gila-gilaan mereka ini.
Arashi pun berharap supaya ketika mereka hiatus nanti, fans nggak kesepian dan masih bisa 'ketemu' Arashi lewat akun media sosial mereka.
Seneng?
Jujur, gue antara seneng dan agak syedih dengan gebrakan Arashi ini.
Seneng karena akhirnya Arashi mau membuka diri dengan dunia digital dan semakin dikenal luas di seluruh dunia.
Nggak pernah ngebayangin sebelumnya, gue bisa ngeliat mereka berceloteh di instastory atau update twitter.
Nggak pernah terbayangkan kalo gue bisa komen langsung ketika mereka ngadain instalive.
Apalagi om-om ini nggak pernah maen sosmed dan rada-rada kudet soal dunia digital (kecuali Jun yang selalu update per-digital-an buat kebutuhan concert directing dan Nino yang selalu online buat maen game), jadinya seneng dan lucu aja ngeliat om-om ini asik ngutak-ngatik media sosial yang nampak seperti 'maenan' baru buat mereka.
Kemaren-kemaren gue ngobrol sama beberapa temen kuliah gue yang pernah dan masih jadi fangirl anak-anak Johnnys, terutama Arashi, buat ngomongin soal gebrakan Arashi ini.
Dengan adanya media sosial dan online streaming, memang sih Arashi jadi lebih dekat sama fansnya.
Tapi, entah ya, di lubuk hati terdalam gue #TSAH rasanya kurang ikhlas gicuuuu melihat Arashi dengan mudah dan murahnya diakses oleh semua orang.
Selama dua puluh tahun, Arashi terkenal dengan ke-eksklusif-an mereka yang nggak tersentuh media sosial. Hanya orang-orang terpilih #HALAH yang bisa akses Arashi.
Komunitas kami tertutup, segala bentuk download dan upload data-data Arashi (TV show, konser, drama, dsb) cuma bisa diakses member yang punya password khusus, dengan rules ketat dan bejibun. Yang tentunya nggak boleh diupload ulang di media streaming online dan sosial media, bahkan link yang mengacu ke komunitas kami pun sama sekali nggak boleh dipublikasikan dimana pun!
Semua serba tertutup.
Cuma buat konsumsi pribadi, bukan buat sharing.
Dapetin video (MV, TV show, konser dsb) dengan resolusi high itu nggak mudah dan butuh perjuangan. Apalagi Jepang ketat banget soal hak cipta, sehingga kita yang nggak tinggal di Jepang amat sangat susyaah untuk bisa akses dan dapetin file-file Arashi, sehingga harus sembunyi-sembunyi.
Ditambah lagi, fans Arashi tuh paling nggak mau dikasih video donlotan yang kualitasnya rendah, pecah-pecah dan nggak HD.
Pokonya video donlotan Arashi itu hasilnya kudu sampe keliatan pori-pori dan jerawatnya mas-mas badai :D
Bergiga-giga, bahkan ampe TERAjana harddisk yang kudu disiapin buat nyimpen file-file Arashi, bahkan kami lebih mementingkan beli harddisk baru daripada beli baju, tas atau sepatu. Nyahahaha.
Meski keliatannya DARK banget, tapi kita bahagia karena dengan begitu nggak sembarang orang bisa akses Arashi dengan mudah.
Terdengar egois memang, tapi ya gimana sih...ibaratnya kita nggak rido aja kalo orang yang kita sukai dikejar-kejar orang alay, tukang nyinyir dan nggak qualified buat jadi fans Arashi #AHZEG! Haha.
Dan rata-rata, berkat Arashi, kebanyakan fans Arashi jadi pada jago komputer dan internet.
Karena kudu punya skill yang rada lumayan soal internet dan komputer buat ngoleksi file-file mereka dan akses ke komunitasnya :D
Selama 20 tahun ini, kami mengidolakan Arashi dengan image 'people who can't reach' alias cuma ada di angan-angan nun jauh di negeri impian di atas awan sana #TSAH
Pengennya sih Arashi tetap kayak gitu.
Idola sepanjang masa.
Yang nggak bakalan bisa tergapai.
Tapi, mereka juga harus menyesuaikan jaman kan ya, supaya nggak tenggelam dan tersingkir sama artis-artis baru dan lebih muda.
Apalagi tahun depan mereka bakal hiatus.
Arashi kan butuh passive income juga keleus, jadi selama hiatus, pendapatan teuteup masuk dari media online.
Hidup di Jepang keras mameen. Haha.
*dipelototin manager Arashi*
Salah seorang teman bilang, 'gue sih cuma berharap aja, Arashi nggak jadi murahan dan nggak dideketin fans alay dan nyinyir'
Setujuuu.
Last,
gue bersyukur banget masih bisa tinggal di Jepang hingga sebelum mereka hiatus.
Karena semakin mendekati hiatus, Arashi malah makin 'rajin' bikin surprise buat nyenengin fans-nya *meski buat gue sih malah bikin gue megap-megak eungap but happy dengan semua gebrakan mereka yang nggak ada matinya inih!*
Semoga gue masih bisa terus berada di dekat Arashi hingga mereka hiatus, bahkan saat mereka hiatus dan kerja sendiri-sendiri pun, gue pengen terus berada di dekat om-om badai ini.
Kansha Kangeki Arashi!
Arashi for DREAM.
No comments:
Post a Comment